Minggu, 14 Mei 2017

ISO 14000

Iso 1400 dalam Pertanian Ramah Lingkungan

ISO 14000 adalah standar internasional mengenai manajemen lingkungan yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardisation (ISO) dan penerapannya bersifat sukarela.Standar ISO seri 14000 mulai diperkenalkan pada awal tahun 1990-an yang merupakan suatu perkembangan aspek manajemen atau pengelolaan mutu. Tidak semata-mata aspek teknis atau ekonomis saja.
Tujuan ISO 14000 antara lain adalah :

1.       Mendorong upaya dan melakukan pendekatan untuk pengelolaan Lingkungan hidup dan sumberdaya alam dan kualitas pengelolaannya diseragamkan pada lingkup global.
2.       Meningkatkan kemampuan organisasi untuk mampu memperbaiki kualitas dan kinerja Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam

Maka dapat diartikan bahwa ISO 14000 adalah kumpulan berbagai standar yang mengatur dan terkait pengelolaan lingkungan yang tersusun untuk membantu suatu organisasi untuk:
-          mengurangi dampak negatif dari kegiatan atau proses dsb organisasi tersebut terhadap lingkungan sekitarnya, seperti menimbulkan perubahan yang merugikan system pengairan, udara atau tanah
-          mematuhi peraturan perundangan-undangan dan persyaratan yang berorientasi pada lingkungan
-          untuk memperbaiki hal-hal di atas secara berkelanjutan.
Ada nya iso 14000 sangat membantu masyarakat sekitar yang khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan industri untuk mendapat kan penjagaan lingkungannya dari polusi yang di timbulkan oleh industri-industri atau perusahaan yang ada di lingkungannya. Mengacu pada tujuan iso 14000 itu sendiri yang bertujuannya untuk menyeragamkan kualitas pengelolaannya pada lingkup global serta mau dan mampu untuk perbaikan kualitas dan kinerja lingkungan hidup dan sumber daya ini lah yang mendorong perusahaan-perusahaan untuk memiliki sertifikasi iso 14000, karena bisa di artikan bahwa iso itu sendiri bisa menjadi bahan pamer atau penambahan nilai standar suatu perusahaan.
Produk yang di hasilkan oleh perusahaan yang memiliki iso 14000 pun memiliki sudut pandang yang berbeda dari masyarakat yang mengerti akan iso atau standar mutu karena memiliki standar mutu yang berbeda dengan perusahaan yang belum memiliki iso itu sendiri, salah satu contohnya produk organik yang menunjuang kesehatan bagi para konsumennya karena tidak adanya bahan kimia yang di ikut sertakan dalam proses produksinya.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ISO 14000

Iso 1400 dalam Pertanian Ramah Lingkungan ISO 14000 adalah standar internasional mengenai manajemen lingkungan yang dikeluarkan oleh...